-->

Hal Penting Blogger Sebelum Menulis Artikel Blog - Yang sering dilupakan blogger

Lateway » Hello guys.

80% blogger tak melakukan hal ini sebelum menulis artikel blog.Ini hal penting bagi seorang Blogger untuk menaikkan traffic blog. Ini juga menentukan kesuksesan sebuah blog.Memang seringkali seorang blogger merasa jenuh dalam menulis artikel, Kadang pula dirundung rasa malas yang berlebih.

jika anda membuat blog untuk mencari popularitas serta uang semata saya jamin rasa malas mudah mendatangi anda.Apalagi setelah anda menyadari bahwa traffic blog anda sepi.Biasanya bagi blogger pemula dan newbie seperti saya akan mudah putus asa.

Namun kita harus melawan semua rasa itu, Caranya ya dengan memperluas pengetahuan anda tentang internet dan memperdalam keahlian anda dalam membangun sebuah blog dinamis lalu menerapkannya didalam blog anda.

Coba tanya diri anda, seberapa jauh anda mengenal pemograman HTML, CSS, C, C+, PHP, JAVASCRIPT & JQUERY atau yang lainnya.Jika anda sudah pintar dan berhenti mempelajari nya berarti anda sedang menurunkan trafic blog anda.

Jangan merasa cukup dan teruslah belajar.Meskipun blog anda tetap di bawah meskipun sudah pintar kode-kode diatas, ini berarti ada yang salah dengan artikel anda atau cara menyajikannya.

Sebelum menulis artikel simak beberapa tips berikut,
1. RISET KEYWORD
2. RISET COMPETITOR
3. RISET TROUBLE
4. CHOOSE TITLE
5. CUSTOM PERMALINK
6. CHOOSE DESCRIPTION

Berikut penjelasan nya,
1. RISET KEYWORD

Riset berarti penelitian, sedangkan keyword adalah kata kunci, Gampang nya Keyword ialah sebuah kata atau kalimat yang "sekiranya" akan di tulis oleh se-seorang pada kotak pencarian google,bing,yahoo atau yang lainnya.

jika si pencari menulis tulisan yang sama dengan keyword yg anda masukkan dalam judul atau dalam artikel anda maka besar kemungkinan blog anda masuk dalam hasil pencarian orang itu.

kok 'mungkin', Iyalah mungkin kan bukan hanya anda saja menulis itu. Bisa saja blog lain juga menulisnya sama seperti anda.
Disini dibutuhkan sebuah trik SEO(search engine optimizer) untuk memenangkan lomba mencapai peringkat 1-10 di hasil pencarian.
Sebab kebanyakan para pencari malas untuk klik halaman kedua.correct??

Ini beberapa hal sederahana yang dapat anda lakukan,
-posisikan diri anda menjadi seorang pencari yang ingin menemukan artikel sesuatu di sesrch engine.Lalu anda akan menulis apa di kotak itu.
-anda bisa bertanya pada teman anda apa yg mungkin mereka tulis apabila ingin mencari artikel seperti yang anda tulis.

setelah anda mendapatkan referensi cek seberapa bagus keyword anda menggunakan tools online, seperti:
-google keyword planner
-ubesuggest.io
-keywordtool.io dll
Atau jika anda pengguna Android bisa menggunakan aplikasi gratis SEO KEYWORD apk tools download DISINI

Anda cukup masuk ke website diatas dan masukkan referensi keyword anda.Lalu website tersebut akan menunjukkan DAFTAR KEYWORD yang sama atau mirip dengan kepunyaan anda beserta peringkat nya.Dan silahkan pilih keyword yang terbaik tapi sesuai dengan artikel yang hendak anda tulis.


2.RISET COMPETITOR
Duh udah kaya dagang aja pakai ada saingan hehe, yups betul kita harus melihat langsung di hasil pencarian search engine keyword apa aja yang akan menjadi saingan anda.ketik keyword yang tadi anda cari dan lihat hasilnya. Perhatikan judul dan penjelasan dari 5 hasil ter-atas.

Nah kalau perlu anda screenshot.Setelah itu masuk ke situs-situs tersebut.Kenapa? Karena mungkin ada hal yang belum anda tahu disana.Karena mungkin ada hal yang anda tahu tapi disana mereka tak tahu.
Contoh: anda menulis di search engine "Cara Membuat Kue Tart".Setelah keluar hasil nya pilih salah satu yang menarik perhatian anda.

Baca artikel tsb, lalu cari apa yang belum anda ketahui, kemudian cari apa yang penulis tidak ketahui tapi anda sudah tahu, lanjut dengan membaca komentar-komentar nya barangkali ada kritik atau saran sebagai bahan pertimbangan sebelum anda menulis.Anda bisa lakukan pada situs lain tp jangan kebanyakan.
Selesai tahap ini.

3.RISET TROUBLE
Nah ini bagian optional, anda cari tahu apa permasalahan dalam proses pembuatan kue beserta cara mengatasinya.Jadi jangan hanya menulis resep dan cara masaknya saja.Masukkan juga apa saja masalah yg akan dihadapi serta cara mengatasinya.

4.CHOOSE TITLE
Setelah tahap 1,2 dan 3 pasti anda sudah punya gambaran apa kata-kata yang cocok untuk di jadikan title(judul) dari aetikel yang akan anda gunakan.Saran saya gunakan bahasa yang baik dan benar semua atau gunakan bahasa gaul semua, hindari mencampur bahasa keduanya.
Contoh:


-Tutorial mengolah kue tart - EYD
-Cara membuat kue ulang tahun - Gaul
-Tips memasak cake ulang tahun - EYD+GAUL



Dari ketiga judul di atas mana yang menurut anda paling menarik???
Menurut saya yang pertama cukup baik tetapi penggunaan kata 'tutorial' terlalu jarang digunakan orang awam.

Judul kedua pilhan saya karena baik yang mengenal teknologi atau yang tidak pun akan mudah memahaminya.Sebab sebuah judul adalah ringkasan dari apa yang akan dijelaskan pada artikel nya.

Orang awam akan memilih yg kedua sebab mereka berfikir akan menemukan bahasa yg sulit dimengerti bila memilih yg pertama.
Sedangkan yang ketiga sangat tidak menarik judulnya saja sudah membuat visitor malas klik nya.

Sekarang bandingkan dengan 2 judul berikut:
- Cara membuat kue ulang tahun
- Membuat kue ulang tahun beserta video panduan


Nah pasti anda memilih yang kedua kan :), karena anda lebih yakin bahwa yang kedua akan menyajikan artikel yang lengkap meskipun isinya belum tentu baik.

Bandingkan lagi dengan yang ini...
- Cara membuat kue ulang tahun beserta PDF gratis


Nahloh ini lebih menarik lagi kan guys.Meskipun dari semua judul diatas memiliki artikel yang sama persis isi nya namun judul terakhir yang akan lebih banyak dipilih.Samapai sini sudah cukup tips membuat title yang baik.

5.CHOOSE PERMALINK
Permalink ialah letak/posisi/tampilan judul di dalam baris alamat link.
Contoh: http://lateway.blogspot.co.id/2016/blog-post/cara-membuat-kue-ulang-tahun-beserta-pdf-gratis.html

nah 'cara-membuat-kue-ulang-tahun-beserta-pdf-gratis' lah yang di sebut permalink.Permalink biasanya berada di bawah judul artikel dalam sebuah hasil pencarian dengan link berwarna biru.

bila tidak di perbaiki maka akan muncul seperti ini falam hasil pencarian,
http://lateway.blogspot.co.id/2016/.../tahun-beserta-pdf-gratis.html

Dengan kondisi seperti itu visitor akan berfikir seperti ini, "koq judul dan alamat tujuannya lain, jangan2 isinya cuma PDF doang"
Lari deh visitor ke blog sebelah :D.ubah seperti berikut agar seo friendly:
http://lateway.blogspot.co.id/2016/.../membuat-kue-ulang-tahun.html
Untuk cara mengganti permalink blogspot monggo lihat DISINI.
Untuk yang lain search di mbah gugle yah :D.


6.CHOOSE DESCRIPTION
Description disini ialah penggambaran kecil mengenai hal besar yang akan di bahas.Disini anda membuat sebuah tulisan sederhana untuk mewakili seluruh isi yang akan visitor baca nantinya.

Anda dapat menuliskan hal-hal penting atau juga hal yang membuat visitor menjadi penasaran sehingga visitor akan melanjutkan untuk membacanya.Anda juga dapat memasukkan bagian dari judul yang terpotong ketika melakukan custom permalink.

N O T E
Untuk nomer 4 dan 6 anda dapat menerapkan nya dengan dua cara.
pertama melalui menu yang sudah disediakan dalam hosting (blogspot,wordpress,hubspot,mywapblog dll).Yang kedua langsung melalui halaman HTML/XML dalam bentuk "meta tag"


PRO   DAN   KONTRA
Banyak sekali perbedaan pendapat diantara para master2 blog baik tanah air maupun di luaran sono.ckckck Wajar lah namanya juga ilmu pasti beda-beda.

Misalnya pada bagian No 5 diatas,Sebagian beranggapan tak perlu khawatir dengan permalink sebab search engine otomatis memunculkan potongan permalink sesuai keyword yang di ketik visitor.

Sebagian lagi menganggap search engine selalu memilih 3 kata terakhir yang akan muncul. Hmm anda pilih yang mana??
Saya pilih merubahnya sebab meskipun pendapat pertama itu benar/salah saya juga gk akan rugi.

Lalu ada pro dan kontra mengenai panjang maksimal karakter untuk no 4 dan 6. Ada yang bilang maksimal 55 huruf title 140 huruf description, Ada yang bilang 70 huruf title 160 description.Dan Ada juga yang bilang 300 huruf title 300 huruf description.Anda pilih yang mana ??????

Kalau saya memilih maksimal 70 huruf untuk title dan maksimal 300 huruf description. sebetulnya semua benar cuma target yang berbeda, misal pada hosting blogspot hanya menyediakan title 70 dan descriptnya 160.mungkin beda dengan hosting wordpress atau hosting privacy VPS.
Lagian buat apa banyak-banyak nanti malahan lemot loading nya...iya kan ???

Untuk bagaimana cara menulis artikel yang baik dan SEO friendly silahkan klik DISINI

Oke guys semoga penjelasan diatas menambah semangat untuk terus blogging lagi. :)




3 comments:

  1. Wow, fantastic blog layout! How long have you been blogging for?
    you made blogging look easy. The overall look of your site is magnificent, let alone the
    content!

    My weblog: poker online

    ReplyDelete
  2. Link exchange is nothing else however it is simply placing the other person's
    blog link on your page att suitable place and oyher person will also
    do similar for you.

    my weblog :: poker online

    ReplyDelete
  3. What's up it's me, I am also visiting this site regularly, this
    web page is genuinely good and the users are
    actually sharing pleasant thoughts.

    ReplyDelete

write and share your opinion, comment or positive idea No spam :)
= > Silahkan berkomentar,kritik atau saran sesuai artikel diatas
= > comment dengan url ( mati / hidup ) tidak akan di publish guys