-->

Selamat datang Android O - Bagaimana nasib android Nougat ?

Entah Anda developer atau bukan, Anda dapat langsung mengetahui fitur yang akan segera hadir di telepon Anda.

Google telah merilis versi developer dari OS Android berikutnya yang saat ini disebut hanya O. Beberapa fitur O yang paling menarik adalah masa pakai baterai yang lebih baik, kontrol yang lebih mudah untuk pemberitahuan dan video picture-in-picture untuk ponsel dan tablet.

Android-O-neowin-img

Namun tidak ada jaminan bahwa semua fitur ini akan di rilis sepenuhnya tentunya akan di sesuaikan dengan spesifikasi gadget yang telah lebih dulu beredar di pasaran. Itupun kalau gadget tersebut memenuhi persyaratan untuk menikmati antar muka dari anroid O ini.

Fitur Unggulan Android O :


1. Masa pakai baterai

Memperbaiki masa pakai baterai adalah salah satu fitur Android O. yang paling banyak dan paling disambut serupa dengan iOS, Android O akan membatasi dan mengelola aplikasi apa yang ada di latar belakang sementara beberapa aplikasi terbuka.

Ini adalah salah satu fitur "behind the curtain" yang akan Anda hargai meskipun Anda tidak dapat melihat dengan pasti bagaimana cara kerjanya. Misalnya, jika Anda menggunakan Instagram namun Google Maps terbuka di latar belakang, layanan lokasi akan sering memperbarui lokasi agar Maps tidak menguras baterai dengan cepat.

Untuk para developer atau pun Oprekers pasti tidak terlalu memperdulikan sebab ada banyak cara untuk mengurangi penggunaan baterai selama device tersebut telah memiliki full acces root.
Tp untuk pengguna awam ini akan terasa sangat berbeda.

2. Notification Channels (Saluran pemberitahuan)

Pemberitahuan selalu menjadi salah satu fitur kuat abadi Android. Di O, Anda dapat mengelompokkan pemberitahuan ke saluran atau seperti Google menjelaskannya: "kategori yang ditentukan aplikasi untuk konten notifikasi". Jadi jika Anda memiliki saluran aplikasi yang terkait dengan "berita", Anda dapat berinteraksi dan mengontrol setelan pemberitahuan untuk semua aplikasi di saluran berita sekaligus.

Notification Channels-img


3. Snooze Notofication (Tunda notifikasi)

Terkadang notifikasi yang masuk dapat mengganggu aktifitas anda saat sedang menggunakan gadget, Kini Anda bisa mengatur notifikasi untuk diam sebentar. Android O memberi Anda kemampuan untuk menunda pemberitahuan hanya dengan menggeser jari Anda melintasi pemberitahuan dan kemudian memilih berapa lama waktu tunda untuk: 15, 30 atau 60 menit. Setelah waktu yg ditentukan berlalu maka notifikasi tersebut akan muncul kembali.


4. Picture-in-picture

Kita telah melihat video picture-in-picture untuk iPad, tapi belum melihatnya berfungsi sepenuhnya. Nah...Android O membawa kemampuan untuk tetap memutar video saat berinteraksi dengan aplikasi lain. Ini berbeda dengan "dual panel". Ini lebih mirip seperti fitur baru yang di miliki browser opera yang dapat memutar video youtube dengan jendela POP UP sambil anda membuka facebook di layar yang sama tanpa mondar mandir klik pada tab browser.

5. Kunci pintasan layar

Di layar kunci di Android Nougat ada ikon mikrofon untuk akses cepat ke Asisten Google dan ikon kamera untuk akses cepat mengambil gambar. Android O akan memungkinkan Anda untuk menyesuaikan layar kunci Anda dengan lebih banyak shortcut sesuai keinginan anda.

6. AutoFill System Wide (Sistem isi ulang lebar)

Jika Anda menggunakan aplikasi pengelola password, Android O memberi Anda akses yang mudah dan aman untuk mengakses perangkat Anda melalui "autotext'.Jika anda pernah menggunakan hp blackberry pasti anda pernah menggunakan autotext untuk mengetik. Fitur ini mirip seperti itu namun di gunakan untuk mengisi form password. Pasti Anda pernah merasa kesal karena harus menulis ulang password beberapa kali. Apalagi kalau passwordnya rumit hihihihi..

7. Wide-warna gamut

"Gamut adalah istilah untuk wilayah yang bisa dicakup oleh sistem warna tertentu. Istilah out of gamut berarti warna itu tidak bisa diwakili oleh proporsi warna dasar sistem yang ingin digunakan. Permasalahan out of gamut sering terjadi dalam konversi warna CMYK dengan RGB".
Source
Meskipun fitur ini mungkin tidak berarti banyak bagi Anda sekarang, tapi ini penting untuk masa depan. Saat desain LCD ponsel dan tablet semakin berkembang, Mungkin akan banyak aplikasi yang memanfaat kan fitur ini. Bayangkan betapa menakjubkan semua foto kucing Anda akan terlihat. Dan dengan warna yang presisi bahkan tampak nyata.

8. wireless HiFi Bluetooth audio

Telepon Anda sekarang dapat mengalirkan sinyal audio dengan kualitas tinggi tanpa kabel. Fitur HiFi (High Fidelity = perekaman dan pemancaran suara dengan teliti). Tentunya anda harus punya gadget Headphone/Speaker portable yg mumpuni juga. Namun begitu dengan perangkat bluetooth biasa pun akan terasa perbedaan suara nya.



9. Shortcut Keyboard (Pintasan keyboard)

Anda pernah mengkoneksikan android Anda dengan keyboard ekternal?. Namun anda tidak bisa menggunakan kombinasi tombol seperti 'CTRL A' ?. Atau mungkin anda kesulitan saat ingi menggunakan symbol tertentu (Tukang coding Pasti ngersain jiahahaha).
Nah di android  O semua itu bisa di atur...jangkrikkkk boss xixixixixi.

Yang baru saja di rilis masih bersifat khusus developer / khusus pengembang. Dimana para pengembang akan mempelajari nya dan meng-aplikasikannya ke dalam aplikasi buatan mereka nanti. Entah itu aplikasi bawaan handphone atau aplikasi pihak ketiga yg bisa anda download di toko kesayangan anda.
Bukan toko kaset ya, yg di maksudnya seperti playstore atau yg lainnya. ( gw juga tau kali jiahahaha)

Entah nantiya Android O akan di beri nama apa, Apakah Android 'oreo' atau mungkin 'oatmeal' atau bisa jadi namanya 'Otak-Otak' jiahahaha lihat saja nanti.

otak-otak img

Semoga Menambah wawasan anda :)

Dikutip dari :
Mobile World Congress 2017
Source

Kalau anda tak tertarik dengan android O dan lebih suka dengan otak-otak Silahkan order
DI SINI

No comments:

Post a Comment

write and share your opinion, comment or positive idea No spam :)
= > Silahkan berkomentar,kritik atau saran sesuai artikel diatas
= > comment dengan url ( mati / hidup ) tidak akan di publish guys