-->

Cara Mengatasi S_FT_ENABLE_DRAM_FAIL (4032) di SP Flashtool 2019

Hi guys...

Sebenarnya tulisan ini di tujukan untuk para flasher pemula, sebab permasalahan seperti ini sudah sangat lazim bagi para Tuser (tukang service) khusus nya tuser handphone.
Berhubung masih banyak yang nanya jadi saya sempat kan untuk memposting tips ini.

Silakan disimak.....cieeeee.

PENYEBAB ERROR


Sesuai dengan foto di atas di bagian menu "help" dari aplikasi SP Flash Tools telah di jelas kan bahwa error tersebut terjadi karena kesalahan "IMAGE".




Bisa katakan boot image yang terdapat pada firware yang telah di sediakan tidak cocok dengan type handphone yang hendak di software/flash.

Tapi bisa juga di sebab kan oleh firmware yang di gunakan tidak cocok dengan "preloader" yang telah ada di dalam hp tersebut (Jika proses flash tanpa men-centang preloader).

Bukan itu saja, Di beberapa kasus yang pernah saya tangani ternyata file preloader yang terdapat di firmware tidak cocok dengan "MERK EMMC"  meskipun type firmware yang di download telah sesuai dengan Hp yang di tangani (Meski merk dan type hp sama belum tentu jenis emmc yang digunakan sama).


CATATAN PENTING

"PRELOADER ADALAH: file untuk menentukan sebuah product name dari EMMC yang digunakan pada HP Android. Dengan adanya preloader jadi ketahuan bahwa hp ini menggunakan EMMC Kingstone, SanDisk, Samsung atau yang  lainnya."

Contoh, jika kita flash Android MTK dengan preloader yang tidak cocok (artinya preloader tersebut harusnya untuk EMMC merk Samsung dan yang diflash EMMC nya adalah Kingstone) secara otomatis HP akan jadi matot. Sebab tiap emmc mempunyai arsitektur serta partisi yang berbeda."


CARA MENGATASI S_FT_ENABLE_DRAM_FAIL (4032)

 

1.Pastikan anda memiliki firmware lebih dari satu, makin banyak makin baik.

2.Pastikan firmware yang akan anda gunakan untuk proses flashing sudah sesuai dengan type hp nya (double check supaya tidak salah flash...mungkin minum aqua dulu biar fokus jiahahaha).

3.Untuk hp yang bootloop flash lah dengan "tidak mencentang preloader".

4.Untuk yang sudah terlanjur hardbrick tapi masih ke-detect di pc silahkan flash dahulu file "preloader" nya saja hingga sukses 100%. Setelah itu lanjut dengan flash semua file tanpa preoloader. Jika masih gagal flash dengan firmware lain (firmware dengan versi yg berbeda atau di download dari tempat yang berbeda) dengan tetap tanpa preloader.

5.Jika masih saja gagal bisa di pastikan ada kerusakan pada bagian emmc.Anda bisa melakukan repair (dengan bantuan box flasher) atau langsung saja di ganti emmc nya. Tentunya setelah anda mengecek seluruh komponen yang melibat kan proses flashing mulai dari jalur usb hingga masuk ke emmc. "untuk yang tidak mengerti baiknya anda membawa ke service hp terdekat atau bila sakit berlanjut hubungi dokter ckckckck".


Saya rasa ke empat tips tersebut sudah cukup untuk mengatasi error 4032. Jika ada yang belum di mengerti atau masih bingung silahkan di tanyakan di kolom komentar di bawah.

Semoga bermanfaat :)
Salam Setengah Super :D.

1 comment:

write and share your opinion, comment or positive idea No spam :)
= > Silahkan berkomentar,kritik atau saran sesuai artikel diatas
= > comment dengan url ( mati / hidup ) tidak akan di publish guys